Untuk memenuhi kebutuhan layanan jasa desain kepada Anda, kami tawarkan beberapa produk desain arsitektur yang meliputi :
1. PLANNING
LANDSCAPE N PUBLIC AREA
2. ARCHITECTURE
PRIVATE HOUSING, LEISURE, OFFICE N HOSPITAL, ETC.
3. INTERIOR DESIGN
BEDROOM, PANTRY, LIVINGROOM, ETC.

LANGGAM / GAYA ARSITEKTUR

1.KLASIK DAN ETNIK
2. MODERN MINIMALIS
3. MODERN TROPIS

Senin, 05 Desember 2011

ATAP BOCOR?? DARI KONSTRUKSI HINGGA SOLUSI

Musim hujan begini, kita pasti menghadapi ancaman kebocoran rumah. Tak peduli rumah mewah atau biasa, besar atau mungil, baru atau lama, air hujan selalu menghadirkan ancaman. Apalagi, hujan belakangan ini tak jarang disertai angin ditambah intensitas yang luar biasa hebat.  Kalau sudah begitu, mau tak mau kita harus meluangkan waktu berperang mencegah atau mengatasi kebocoran.

Gmb 1. Atap dengan kemiringan 350 untuk meminimalisir kebocoran dengan bentukannya yang simple
Kebocoran yang menyebabkan air tumpah ke dalam rumah umumnya disebabkan oleh 4 hal, antara lain:
1.    Rancangan atau konstruksi yang salah, seperti kemiringan atap tidak diperhatikan. Seharusnya, atap memiliki sudut kemiringan min 300 agar air dapat mengalir lancar. Namun jika kurang dari itu, pasti akan timbul masalah. Batas toleransi yang disarankan 30-400, karena lebih dari itu masalah lain akan timbul, yakni genteng gampang melorot.
2.    Perubahan panas dan dingin secara terus menerus akan membuat material penutup rumah menjadi aus atau berubah. Retak sekecil apapun, bila itu terjadi di atap rumah, pasti akan menyeret air memasuki celahnya. Semakin dibiarkan, air yang merembes akan merajalela dan membuat retakan membesar. Penyebab lain adalah tumpukan sampah dedaunan dan apa saja yang diterbangkan oleh angin dan hinggap di atap rumah. Akibat sampah alamiah ini, aliran air pun menjadi terganggu dan berpotensi menetes ke dalam rumah.
3.    Pemilihan material atap yang digunakan. Atap lembaran seperti fiber semen,  ardex, seng antikarat, atau bitumen (aspal) berbeda pemasangannya dengan material seperti genteng tanah liat, genteng beton, keramik, atau kayu sirap.
4.    Kesalahan dan kecerobohan pemasangan semisal pemasangan genteng yang tidak rapi mengikuti larikan pada reng membuat atap memiliki rongga sebagai jalan masuknya air di musim hujan, pemasangan fiber semen yang dikunci dengan paku tak berpayung jelas adalah sumber malapetaka atau memasang genteng bubungan atau nok dengan semen yang seirit-iritnya pasti membuat sambungan ini memicu rembesan air ke bawah. Apalagi bila bagian ini tidak dilapisi dengan material waterproofing.
Perlu diketahui, pemeriksaan terhadap kebocoran rumah harus dilakukan secara berkala. Tidak pernah ada cerita sekali dilakukan perbaikan akan mengatasi masalah selamanya. Perubahan cuaca yang terlampau ekstrim turut mempercepat keausan rumah.  

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk meminimalisir kebocoran atap pada musim hujan antara lain: perhatikan sudut kemiringan atap, minimalkan sambungan bidang atap, pemiilihan material atap  berkualitas, meminimalisir penggunaan talang, gunakan cat pelapis antibocor (water proofing).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

^^