Untuk memenuhi kebutuhan layanan jasa desain kepada Anda, kami tawarkan beberapa produk desain arsitektur yang meliputi :
1. PLANNING
LANDSCAPE N PUBLIC AREA
2. ARCHITECTURE
PRIVATE HOUSING, LEISURE, OFFICE N HOSPITAL, ETC.
3. INTERIOR DESIGN
BEDROOM, PANTRY, LIVINGROOM, ETC.

LANGGAM / GAYA ARSITEKTUR

1.KLASIK DAN ETNIK
2. MODERN MINIMALIS
3. MODERN TROPIS

Selasa, 29 November 2011

FASAD TENTUKAN KARAKTER PEMILIK RUMAH


   Membeli dan merancang sebuah rumah kerap berhadapan dengan masalah fasad rumah. Sebab, fasad cenderung menggambarkan karakter si pemiliknya setelah rumah itu jadi. Untuk itu, diperlukan kreativitas tinggi untuk merancang fasad rumah yang baik agar rumah sesuai dengan karakter si pemilik rumah. Fasade secara umum dapat diartikan sebagai tampak depan rumah. Fasad diartikan sebagai cermin atau karakter dari bangunan itu sendiri atau diibaratkan seperti pakaian yang kita pakai yang mencerminkan karakter ataupun kepribadian diri. Untuk itu, dalam mendesain sebuah tampak rumah, sebaiknya memilih seperti apa orang ingin melihat diri kita sendiri.
   Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Gaya atau konsep misalnya. Fasad sama halnya dengan gaya/langgam hunian memiliki jenis yang bervariasi (klasik, modern, etnik, dan sebagainya). Pada awalnya pemilik rumah harus berpikir untuk menentukan konsep atau karakter yang ingin dibuat seperti apa, kemudian sebaiknya memenuhi ciri khas yang sesuai dengan karakter arsitektur (gaya bangunan) yang dipilih tersebut, setelah itu, komposisikan menjadi rancangan fasad.


  Hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan karakter bangunan apa yang ingin ditampilkan, seperti penggunaan material maupun penggunaan tekstur yang digunakan. Pemilihan bahan atau material bangunan sangat berpengaruh pada kesan rumah, misal penggunanaan material batu alam maupun marmer dan beton akan memberikan kesan keras dan berat, sedangkan material kaca, kayu maupun logam berwarna putih mengkilap akan memberikan kesan ringan.
   Lebih dari itu, pemilihan elemen warna. Biasanya warna-warna terang dan berkilau akan memberikan kesan ringan dan dekat. Sementara, warna-warna gelap akan memberi kesan dingin dan jauh.

   Selanjutnya terkait pemilihan atau komposisi perbandingan antara bidang dinding yang terbuka dengan dinding yang tertutup. Bidang-bidang bukaan pada dinding yang besar akan mengurangi kesan tertutup dan angker. Pemakaian bukaan dalam arti bidang yang dapat dilalui cahaya yang besar (ventilasi, jendela, pintu) akan membuat kesan dinding yang transparan sehingga timbul kesan ramah.
   Pemilihan bentuk-bentuk maupun pola-pola garis. Pemilihan bentuk yang lurus atau tajam akan memberikan kesan tegas dan kaku. Sementara bentuk lengkung memberi kesan fleksibel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

^^